Upacara Peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2020

2020-02-13 16:35:40

Bertempat di halaman mess karyawan PT. GGB desa Prabumenang, Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat, PT. GGB melaksanakan Upacara Peringatan Bulan K3 Nasional yang dihadiri oleh seluruh jajaran manajemen dan staff site PT. GGB, staff PT. Cahaya Riau Mandiri dan staff PT. Prima Perkasa Sukses Makmur. Bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan bulan K3 Nasional yang sekaligus juga dalam rangka memperingati 50 tahun K3 adalah KTT PT. GGB bapak Virza Reinaldo, S.T.

Inspektur upacara dalam sambutannya menyampaikan atau mengutip sambutan dari Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI, yang mengatakan bahwa keselamatan dan kesehatan kerja menghadapi tantangan dunia ketenagakerjaan yang makin kompleks. Karenanya diperlukan strategi pengendalian yang lebih efektif, efisien dan inovatif dalam mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Untuk itu Menaker meminta semua pihak dapat melakukan upaya konkret terhadap pelaksanaan K3 di lingkungan masing-masing agar budaya K3 benar-benar terwujud di seluruh tanah air. "Kita perlu melakukan lompatan dan terobosan dengan inovasi-inovasi baru, agar pelaksanaan K3 dapat terus diperkuat di tengah gerak perubahan masyarakat dan revolusi industri yang kian melesat," demikian disampaikan Menaker. Menaker juga mengajak seluruh pemangku kepentingan, baik pengusaha, pekerja dan masyarakat untuk terus meningkatkan pengawasan dan penyadaran akan pentingnya K3. Menurutnya, persoalan K3 hendaknya tidak hanya diingat dan dibahas saat terjadi kasus kecelakaa atau musibah di tempat kerja. "Jangan sampai problem K3 baru mendapat perhatian saat korban berjatuhan. Jangan sampai kita baru peduli soal K3 ketika ada gugatan dari masyarakat atau keluarga korban," beliau menambahkan.

Selain membacakan sambutan Menaker, inspektur upacara juga mengajak dan menghimbau kepada seluruh jajaran manajemen hingga staff yang bekerja dalam areal tambang PT. GGB untuk menjadikan K3 sebagai budaya kerja dan bukan sebagai beban karena  tujuan K3 adalah untuk memelihara kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja. K3 juga melindungi rekan kerja, keluarga pekerja, konsumen dan orang lain yang juga mungkin terpengaruh kondisi lingkungan kerja. Rangkaian acara kemudian ditutup dengan peragaan simulasi pertolongan pertama pada kecelakaan oleh tim K3/Safety PT. GGB dan dilanjutkan dengan lomba pemasangan tali helm keselamatan, lomba pembacaan empat langkah keselamatan dan lomba joget.

"SELALU GUNAKAN APD DAN PATUHI ATURAN K3" 

.::Departemen K3 & Lingkungan / ©Corsec2020::.