Bakti Sosial Kereta Sehat (Rail Clinic) Bersama PT. KAI – PT. GGB

2019-09-25 15:47:39

Pada tanggal 21 Agustus 2019 PT. KAI Divre III Palembang mengadakan kegiatan Bakti Sosial Kereta Sehat (Rail Clinic) berupa pelayanan pengobatan secara cuma-cuma bagi masyarakat di sekitar stasiun Banjarsari, Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat. Dalam kegiatan ini PT. KAI menggandeng PT. GGB dengan maksud sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan kepedulian PT. KAI Divre III Palembang dan PT. GGB dibidang pelayanan kesehatan terhadap masyarakat disekitar jalur perjalanan kereta api. 

Rail Clinic merupakan kegiatan bakti sosial pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang jauh dari jangkauan pelayanan kesehatan pemerintah, dengan menggunakan kereta yg di dalamnya memiliki fasilitas layaknya klinik kesehatan yaitu ruang Monitoring, ruang Laboratorium, Pelayanan Farmasi, Pemeriksaan Umum, Pemeriksaan Gigi, Pemeriksaan Mata, Pemeriksaan Ibu Hamil, Ruang Edukasi, Pantry, dan Toilet Ramah Lingkungan.  Rail Clinic hadir sebagai upaya dari PT. KAI untuk membantu pemerintah di bidang kesehatan, terutama untuk masyarakat di daerah pinggir rel yang sulit dijangkau oleh alat transportasi darat lainnya. Dengan demikian masyarakat yang tinggal di daerah yang jauh dari fasilitas kesehatan tetap bisa mendapatkan pelayanan kesehatan, secara umum fasilitas pelayanan yang akan diberikan oleh Rail Clinic adalah jenis layanan kesehatan primer atau layanan kesehatan tingkat pertama. Selain kegiatan pengobatan umum, pemeriksaan kehamilan, pemeriksaan gigi dan pemeriksaan laboratorium secara gratis, juga diserahkan bantuan berupa paket kacamata, paket tas sekolah dan peralatan tulis sekolah. 

Kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat sekitar stasiun Banjarsari dan masyarakat desa sekitarnya beserta seluruh unsur-unsur pemerintahan desa hingga kecamatan.  Kegiatan ini merupakan salah satu program CSR dari PT. KAI dan dalam kesempatan kali ini di Kabupaten Lahat PT. GGB terlibat langsung didalamnya. Merupakan sebuah kehormatan bagi PT. GGB dapat berpartisipasi dalam kegiatan Bakti Sosial yang diadakan oleh PT. KAI dan berharap dapat terus bekerja sama serta bersinergi dalam kegiatan-kegiatan positif lainnya demi pengembangan dan pemberdayaan masyarakat sekitar.

.::Corsec2019::.