Normalisasi Lahan eks-Tambang Lewat Bios

2019-03-17 02:57:40

SRIPOKU.COM/EHDI AMIN

SRIPOKU.COM, LAHAT -- Guna menormalisasi lahan eks tambang, Kodam II/Sriwijaya beserta Korem 044/Garuda Dempo, Kodim 0405/Lahat, bekerjasama dengan PT. Golden Great Borneo (GGB) melakukan kegiatan penebaran BIOS 44, Senin (17/4/2017). Kegiatan penebaran BIOS dipusatkan di area eks tambang PT. GGB, Desa Prabu Menang, Kecamatan Merapi Timur.

Dalam sambutannya, Pangdam II/Sriwijaya, Mayjend. TNI. Sudirman, menerangkan bahwa BIOS ini merupakan hasil temuan Korem 044/Garuda Dempo. Dimana, sambungnya, BIOS terdiri dari mikro organisme yang diolah sedemikian rupa "setelah disiram BIOS 44 ini, lahan eks tambang akan normal kembali dan dapat dimanfaatkan untuk pertanian dan sebagainya," terang Sudirman.

Pengembangan dan penebaran BIOS ini tidak lain merupakan wujud daripada perhatian Pemerintah, unsur Muspida dan juga pihak perusahaan tambang sendiri, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di sekitar area tambang.

"Yakinlah, kegiatan ini dalam rangka membantu ibu/bapak sekalian, meskipun terbatas karena disesuaikan dengan kemampuan" imbuhnya seraya mengajak masyarakat turut serta membangun daerah. Sementara itu Dirut PT. GGB, Sucipto, mengapresiasi acara yang memang merupakan inisiatif dari Pangdam II/Sriwijaya, Mayjend. TNI. Sudirman, Sucipto berharap niat baik dari Jenderal berbintang dua itu dapat diterima baik oleh masyarakat sekitar area tambang PT. GGB, Desa Prabu Menang.

"Tak lupa acara ini bisa terlaksana berkat kerjasama dengan Kodam dan dibantu APK sebagai transportasinya," imbuhnya. Selain menebar BIOS 44, kegiatan juga meliputi pembagian sembako, seperangkat alat sholat, pengobatan umum gratis dan donor darah. Hadir dalam acara diantaranya Danrem Gapo, Kol (Inf) Kunto Arief Wibowo, Komandan Rindam, Kol. Inf. Agus Subianto, Dandim 0405, Letkol CZI. Srihartono, Irjen. Pol. (Purn) Safrizal Ahyar, Kapolres AKBP. Roby Karya Adi, SIK, Asisten I Ramsi, Kepala BKD, H. Haryanto dan sejumlah pejabat lainnya.

Artikel ini telah tayang di sripoku.com dengan judul Normalisasi Lahan eks-Tambang Lewat Bios.
http://palembang.tribunnews.com/2017/04/18/normalisasi-lahan-eks-tambang-lewat-bios.
Penulis: Ehdi Amin
Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber: Sriwijaya Post